Rabu, 30 Juni 2010

Brownies kukus tanpa telur

bahan:
100 gr tepung beras

75 gr gulapasir
2 sdm margarine cair atau minyak sayur,atau mentega cair
5 sdm air
1 sdm cuka
8 sdm susu cair( bisa di ganti susu kedelai)
1 sdt baking powder
25 gr coklat bubuk ( optional)
1/2 sdt garam

Cara membuat:
1 siapkan kukusan dan panaskan
2. campur semua bahan kering dan aduk dengan sendok



3. tambahkan bahan cair, aduk rata
 
 



4. masukkan ke cetakan yang telah di poles margarine.





5. kukus dengan api besar sekitar 15 menit, hidangkan


31 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap euyy

ak padahal awalnya mau cari yang tanpa baking gmn hasilnya eh malah dapet yang lebih.. TANPA telur.. keren dah..

thx infonya..
ak mau coba dolo..

bahagianya di dapur mengatakan...

mbak dian,thx a lot utk resep tanpa telur dan glutennya yg slalu ku tunggu2...izin copas resepnya ya mbak...mbak dian T O P abiiisss pokoknya buat ku....

natalia mengatakan...

seneng banget bs dpt resep brownies kukus tanpa telur. sy mau nanya gula pasir yg dipakai gula pasir halusnya. kemaren sy ada nyoba, enak bgt, tp permukaan kuenya enggak rata, knpnya mbak, kesalahan nya di mn ya

hungry travel mengatakan...

dear mbak natalie, biasanya kalau nggak rata karena ada tetesan embun dari tutup kukusan, coba kukusan di bungkus atau lapisain dengan serbet biar tidak ada air yang menetes ke adonan.

Dewi mengatakan...

Mbak ijin copas resep ya.anak ku alergi telur. bingung cari kue tanpa telur. jadi pengen nyoba bikin sendiri. kebetulan ketemu ma blog nya mbak. jadi pengen nyobain satu per satu nih. thanks alots.

Ade Irma mengatakan...

Mbak, maaf mau tanya. Resep ini untuk ukuran loyang berapa yaa ? Saya mau konversikan ke loyang ukuran 22 x 22. Thanks.

hungry travel mengatakan...

dear mbak Ade, saya memakai cetakan muffin dapat sekitar 10 muffin...

Ratna's Wonderful Life mengatakan...

bak aku berterimakasih sekali padamu, krn anakku diet gluten.
minggu lalu aku udah coba resep ini, tapi selain atasnya gak rata (udah kututup serbet, air tidak menetes), bawahnya juga basah lengket (udah kuolesi margarine).
dimana ya kesalahanku? thanks ya mbak

Marda Dian mengatakan...

dear mbak Ratna,
coba cek di api, pakai api sedang atau besar yang sudah di panasin dulu kukusannya.
airnya kukusan juga jangan terlalu banyak jangan sampai keluar sampai keatas..
setelah kukusan panas, masukkan cakenya. tunggu sampai 20 menit tanpa di buka , kalau di buka bisa nggak jadi.....jangan lupa selalu mencoba , sebelumnya saya juga gagal sampai 50 kali......

Ratna's Wonderful Life mengatakan...

Thanks ya Mb Marda
eh di Indonesia udah ada tepung Mocaf (modified cassava) yg katanya bisa 100% menggantikan terigu protein sedang tanpa perlu perlakuan khusus. Mb Marda pernah coba? *mengharap resep hehehe

Marda mengatakan...

terima kasih mbak Ratna,

iya saya juga sering dengar mocaf , sayangnya di sini susah di dapat, kebih mudah mendapatkan tepung tanpa gluten ready to use, mungkin mbak Ratna bisa di coba resep yang ada di ganti mocaf ...:))

rere mengatakan...

mba, salam kenal. makasih share resepnya dan td sy coba resepnya, tapiii kelewatan baca "susu cair" hiks jd kutambah air biar agak encer...jadinya malah kayak talam dan gak mateng blas. btw, tp berasnya bs pk merk rosebran* gak? pengaruh gak kalo menteganya pk yg unsalted? (aku coba ini buat babyku yg alergi telur soalnya). thanks alot mba

marda mengatakan...

Halo mbak Rere, harusnya beras nggak pengaruh kok, kalau mau ngukus sebelumnya kukusan di panasin pakai api sedang, setelah beruap baru masukkan adonan brownies beserta loyangnya.kayak bikinbolu kukus. ganti air atau mnetega nggak ada problem.

Erika Sari mengatakan...

mba saya udah nyoba resep ini, enak, tapi permukaannya bukan hanya nggak rata , malah pecah ..emang begitukah kalo kita pakai loyang kecil (muffin)..makasih ya mba :)

Erika Sari mengatakan...

mba saya udah nyoba resep ini, enak, tapi permukaannya bukan hanya nggak rata , malah pecah ..emang begitukah kalo kita pakai loyang kecil (muffin)..makasih ya mba :)

marda mengatakan...

dear mbak Erika, kalau pecah berati apinya terlalu besar,dan jangan lupa tutup kukusan di lapisin serbet, selamat mencoba....

My Home Sweet Home mengatakan...

mbak...makasih banyak resep2nya ya...sangat bermanfaat untuk diet yang lebih sehat

Anonim mengatakan...

mba aku udh nyoba tp knp ya susah matang?klo mau dbikin 2x resep gmn? aaa krna resepnya dbikin 2x yaaa..hehehe....udh skukus lama bgttp dlmnya lembek...mhon sarannya trims yaa

marda mengatakan...

coba di panaskan dulu kukusannya dengan api besar, lalu kecilkan apinya masukkan loyang yang sudah berisi adonan, lebih baik coba sekali resep

ria mengatakan...

Mbak ini ga pke mixer yaa?

marda mengatakan...

iya mbak sama sekali nggak pakai mixer

Anonim mengatakan...

mbak klo ga ada cuka, bisa diganti apa y??
apa cukanya bisa dihilangkan?
tq b4

Carina craft mengatakan...

bisa di ganti dengan jeruk nipis...

Iga Nandia mengatakan...

Salam kenal mbak..mau tanya pakai cuka supaya apa ya?maaf baru belajar masaj..hehehe..trims..

Carina craft mengatakan...

cuka apa saja bisa, yang paling bagus cuka apel

Anonim mengatakan...

mbak, aku barusan nyoba resep mbak cos udah nggak tahan beberapa hari liat gambarnya doang he.he.he.. Emang kuenya berpori mbak, juga lembut, cuman udah dikukus 15 mnt trus kutusuk pake lidi ternyata masih ada adonan yg nempel. akhirnya kukus lagi 15 mnt lagi.tapi kok tetep ya mbak? kyk nggak mateng gitu. kira2 napa ya mbak? thnx buanget sebelumnya..

Carina craft mengatakan...

memang berpori karena tidak ada telur kalau masih basah berarti kurang lama , painya bisa di besarkan

Anonim mengatakan...

hai,mbak!Aku arma, salam kenal yach..Aq suka bgt brownies, habis baca resep mbak yang ni, terus terang hasrat di hati tuk nyoba gak tertahankan he.he..he.. soalnya keliatannya bahan dan cara buatnya simpel bgt yach?? tp aq gak punya cetakan mbk,klo pke cetakan bolkus yang ada lubang2nya trus dikasih cup kertas bisa nggak yach?ada sih 1 loyang kotak tapi kegedean,nggak muat di pengukus he.he.makasih ya mbak buat resepnya. jatuh cinta deh sama blog mbak.

Anonim mengatakan...

Mb, slm kenal.. Aq Yani, mo tny maksudny coklat bubuk(optioanal) itu bagaimana yah?? Maaf,, aq baru bljr bikin cake, jd msi byk istilah2 ϔά̲Ƞƍ blm tau.. Hehe.. Sama fungsi cuka bwt apa yah? Kl ƍä pk cuka, gmn? Thx

dentistvschef mengatakan...

br tau klo tepung beras bs jd brownies, teksturnya kayak apem gak jdnya..
btw ini kan tipe fudge, kira2 bs jd pluffy gak ya?

La_Firsha "Branded bag" Store mengatakan...

hr ini ku coba bikin browkusnya,..perasaan takeranya udh pas tp kok adonanya kering ya,..meringkel2 gitu.
gak cair spt contoh pic di blog ini ?
modal nekat,..ku rekat2in di loyang & ku kukus dgn api besar 15 menit.
Alhamdulillah jadi,ga mubadzir buang2 bahan,tp ngeprul...gapang rontok.
tp tetep bisa di makan dan yummy..
ga kapok,tetep pengen belajar buat lg yg bagus...semangat.